Sansiviera, Lindungi dari Radiasi

Dulu, siapa memperhitungan tanaman bernama sansiviera. Tanaman berdaun bak pedang ini dianggap tak lebih sebagai penghias halaman. Namun di balik daunnya yang berujung lancip itu, tanaman berjuluk lidah mertua itu memiliki manfaat penting. Tanaman asal Afrika ini dikenal sebagai antipolutan atau penyerap racun.

Berkat manfaatnya ini, sansiviera mulai mendulang popularitas. Ini terbukti dari makin banyaknya tanaman ini dipajang pada pameran-pameran flora, seperti yang tampak pada Bursa Tanaman Hias dan Fauna 2007 yang digelar Perhimpunan Pecinta Adenium Indonesia (PPADI) di Maspion Square Jl Ahmad Yani Surabaya.

Pada pameran yang berlangsung hingga 6 Mei mendatang itu, sansiviera sudah mendominasi beberapa stan. Menurut Jihad, pengelola salah satu stan, makin banyak orang memilih sansiviera. Mungkin karena orang sekarang tahu manfaatnya, jelas pria asal Kota Batu itu.

Harga sansiviera ditentukan oleh tingkat kelangkaannya. Sansiviera yang mengalami mutasi harganya lebih mahal karena jumlahnya tak banyak dan bukan merupakan jenis baru, ungkap Jihad. Jihad kemudian menunjukkan koleksinya yang dipatok harga Rp 1.000.000. Ini jenis Lorentii varigata, katanya sambil menunjuk pada garis kuning yang menghias setiap helai daun. Menurut Jihad, garis tersebut tidak dimiliki induknya.

Jihad menambahkan, tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus. Menyiram pun tidak perlu setiap hari. Bisa tiga hari sekali atau bahkan seminggu sekali sehingga bisa diletakkan di dalam ruangan, ujarnya. Jika ditaruh di depan computer, sansiviera bisa menyerap radiasi computer. Aman buat orang kantoran, pungkas Jihad. kis

Sumber : http://www.surya.co.id/web/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=8382

3 Comments »

  1. 2
    Ikmawan Says:

    Kalau di jakarta bisa beli dimana boss?

  2. 3
    Kartiman Says:

    Pak,Saya punya tanaman sansiviera jenis baseball tapi seiap kali beranak selalu kecil&dk pernah bisa gemuk,..
    apakah hal itu dikarenakan terlalu banyak tersiram air atau bagaimana pak??
    mengingat tiap kali tanaman saya ini sering disiram banyak air oleh adik saya.
    Tolong saya diberi solusinya.
    maturnuwun,..


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: