Budayakan Tanaman Antipolutan

 

Sumber : Surya Online
Menanam bunga rupanya sudah mulai menjadi budaya masyarakat. Hampir setiap rumah berhias tanaman. Tak perlu halaman karena ada pot dalam berbagai ukuran untuk menanamnya. Jenis tanaman pun beragam. Dari yang local hingga impor. Pembeli tinggal memilih yang harganya sesuai kantong. Mereka tak segan mendatangi pasar bunga atau pameran flora. Tak heran jika pameran tanaman makin kerap digelar.
Seperti pada pameran dan bursa tanaman yang diadakan di kompleks pertokoan Teratai Putih, Wedoro, Waru, Sidoarjo. Berbeda dengan pameran flora yang biasa digelar di Surabaya, pameran yang dibuka pada Jumat (2/2) lalu ini, tak melulu memajang tanaman berharga mahal. Memang ada tanaman jenis anthurium atau philodendron yang harganya mencapai jutaan rupiah. Namun sebagian besar yang dipamerkan adalah ‘tananam rakyat’ yang dengan uang Rp 5.000 pun bisa dibawa pulang.

Pameran ini memang untuk semua kalangan terang Ivon, penyelenggara pameran, sambil menunjukkan deretan tanaman jenis aglaonema lokal yang harganya terjangkau. Buat kami, yang pecinta tanaman, rasanya senang saja melihat orang-orang makin suka menanam, tambah pecinta tanaman langka ini.

Ivon kemudian menunjukkan gerai Petani Kaktus yang tentunya menawarkan berbagai jenis kaktus. Menurut Yuwono, pemiliknya, 300 jenis kaktus dijualnya dengan harga murah karena merupakan hasil budidaya sendiri. Rata-rata harganya Rp 5.000, tutur Yuwono yang asal Madiun itu.

Tanaman yang paling mendapat banyak perhatian adalah sansiviera. Menurut Ivon, tanaman ini sedang digalakkan karena bisa berfungsi sebagai antipolutan. Tanaman ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita. Apalagi harganya tidak terlalu mahal, tambahnya.

Pameran ini akan berlangsung hingga 25 Februari mendatang. Selain itu akan diadakan pula kursus tanaman hias,pengolahan sampah, dan pelatihan bio-fuel jarak pagar. Acara ini akan dilaksanakan pada Sabtu (17/2). Peserta akan mendapat pelatihan menanam sansiviera, adenium, dan mungkin kaktus, pungkas Ivon. kis

http://www.surya.co.id/web

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: